Ultimate Guide Monster Hunter World

Ultimate Guide Monster Hunter World – Cara Mengalahkan Semua Monster !

Game Online Indonesia – Monster Hunter: World, seperti yang sudah dijelaskan pada Tips dan Trik jitu bermain Monster Hunter: World, adalah sebuah game tentang memburu monster. Ada puluhan monster yang akan kalian hadapi, dan masing-masing mempunyai keunikan dan serangannya masing-masing, maka itu kali ini Game Online Indonesia akan memberi panduan atau Ultimate Guide Monster Hunter World untuk membantu kalian dimana kalian bisa mencari monster-monster ini, apa saja yang perlu dibawa untuk melawannya dan tips dasar untuk melawannya. Tapi tentu saja, kalau kalian ingin mencari cara sendiri dan menghindari spoiler, kalian bisa skip.

Ultimate Guide Monster Hunter World – Cara Menemukan Dan Mengalahkan Semua Monster

Sebelum kita masuk ke topic cara menemukan setiap monster di Monster Hunter: World, ada satu hal penting yang harus kalian perhatikan, yaitu kelebihan-kelebihan pada setiap element. Sebagian monster disini mempunyai kelebihan-kelebihan yang berbeda, tapi ada juga yang tidak mempunyainya, kelebihan-kelebihan ini di sebut dengan Ailment. Simak macam-macam kelebihan ini, mulai dari efeknya sampai cara menghilangkannya :

FIREBLIGHT

fireblightEfek :

  • Menurunkan bagian merah di Health Bar sebelum mengurangi Health Bar yang hijau
  • Menghilangkan recovery atau penyembuhan

Cara menghilangkan efek :

  • Roll dimana saja sebanyak 3 kali
  • Roll satu kali di air
  • Makan nullberries

WATERBLIGHT

waterblight

Efek :

  • Mengurangi pemulihan stamina

Cara menghilangkan efek :

  • Makan nullberries

THUNDERBLIGHT

thunderblight

Efek :

  • Peluang lebih besar terkena efek stun oleh monster

Cara menghilangkan efek :

  • Makan nullberries
  • Roll sebanyak tujuh kali
  • Terkena stun, makan efek akan menghilang

ICEBLIGHT

Iceblight

Efek :

  • Penggunaan stamina menjadi lebih banyak saat melakukan aski

Cara menghilangkan efek :

  • Makan nullberries

Sebetulnya masih ada kelebihan lain seperti Blastblight dan Dragonblight, namun untuk sementara, hanya itu yang Game Online Indonesia ketahui sampai sekarang, tapi kami pasti akan menambahkannya lagi untuk kedepannya. Sekarang pengenalan tentang Ailment sudah selesai, kita langsung masuk ke bagian monster-monsternya: dimana lokasi mereka dan tips dasar cara mengalahkannya dan apa saja yang diperlukan.

Great Jagras

Great Jagras

Area: Ancient Forest
Element : tidak ada
Kelebihan : tidak ada
Lemah terhadap : fire, thunder dan ice
Titik lemah : kepala dan perut
Break point : kepala, perut dan kaki
Yang diperlukan : tidak ada yang khusus

Great Jagras akan menjadi monster pertama yang akan kalian buru di game ini, dan dia bukanlah hanya sebuah training dummy. Kalian bisa merasakan serangannya, tapi tidak terlalu keras, jadi selama kalian tidak hanya menghindar dan berlari, kalian akan baik-baik saja. Kalian bisa mempercepat pertarungan dengan menyerang perutnya saat ia membesar. Kalau kalian mengenainya cukup keras, akan memaksanya untuk memuntahkan makanan dan membuatnya mudah diserang dengan damage yang lebih besar.

Tobi Kadachi

Tobi Kadachi

Area : Ancient Forest
Element : listrik
Kelebihan : thunderblight
Lemah terhadap : water, ice dan fire
Titik lemah : kepala dan buntut
Break point : kepala, kaki, tubuh dan buntut
Yang diperlukan : nullberries, thunderproof mantle, immunity mantle

Buntut dari monster yang satu ini adalah ancaman yang sangat besar, sekaligus juga adalah weak spot yang sangat besar kalau kalian bisa mengenainya. Hati-hatilah terhadap serangan listriknya, karena kalau kalian kena terlalu banyak, kalian akan terkena thunderblight, yang membuat kalian mudah terkena stun, pakailah nullberries untuk menghilangkannya. Saat ia melakukan front flip, dia akan diam ditempat sementara, yang bisa jadi peluang kalian untuk menyerangnya. Dan saat ia loncat ke atas pohon untuk mempersiapkan serangan diving tail-nya, kalian bisa menghajar buntutnya untuk membuatnya stun untuk sementara.

Rathalos

Rathalos

Area : Ancient Forst
Element : fire
Kelebihan : fireblight dan racun
Lemah terhadap : thunder dan dragon
Titik lemah : kepala, sayap dan buntut
Break point : kepala, sayap dan buntut’
Yang diperlukan : flash pods, flashbugs, antidote atau obat herbal

Rathalos akan selalu terbang, jadi kalian pasti harus menggunakan flash pods sepanjang waktu. incar lah kakinya saat sedang ada di darat karena ia mudah jatuh, lalu serang kepalanya. Hati-hati terhadap serangan kakinya, karena cakarnya beracun. Kalian akan melawannya di Ancient Forest, dan dia selalu muncul di sarangnya di puncak pohon yang besar, jadi manfaatkan jebakan lingkungan yang ada di dekatnya. Pancing Rathalos sampai ia menghancurkan bendungan dekat sarangnya dan dia akan terjebak dalam banjirnya. Dia akan jatuh di tepian dengan damage yang besar, ditambah lagi dia akan rentan selama beberapa detik.

Kulu-Ya-Ku

Kulu-Ya-Ku

Area : Ancient Forest dan Wildspire Waste
Element : tidak ada
Kelebihan : tidak ada
Lemah terhadap : semua element terutama air
Titik lemah : kepala
Break point : kepala dan kaki depan
Yang diperlukan : slinger ammo seperti batu dan redpit

Kulu-Ya-Ku adalah salah satu monster yang paling bodoh di game ini. Ia suka menggali batu besar untuk digunakan sebagai tameng dan proyaktil, sangat menyebalkan karena serangan tidak akan mempan saat ia memegang batu itu. Bawa slinger ammo seperti batu dan redpit untuk menembak pada batu itu.

Pukei-pukei

Pukei-pukei

Area : Ancient Forest dan Wildspire Waste
Element : tidak ada
kelebihan : racun
Lemah terhadap : thunder, fire dan ice
Titik lemah : kepala, buntut dan sayap
Break point : kepala, buntut, sayap dan badan
Yang diperlukan : antidote (penangkal) dan obat herbal, slinger ammo seperti batu dan redpit

Pukei-Pukei akan menjadi monster yang beracun pertama yang akan kalian lawan. Dia akan mengeluarkan gumpalan yang beracun ke semua tempat, terutama saat dia marah. Kalian bisa menghindarinya dengan cara membelakanginya atau menyampinginya, yang juga memungkinkan kalian untuk menyerang weak point atau titik lemahnya, yaitu sayap dan buntutnya. Kalau kalian pengguna Hammer dan hanya ingin menyerang kepalanya, harus berhati-hati terhadap lidahnya yang bisa menyerang juga. Pukei-Pukei mempunyai kebiasaan mencari makanan saat dalam pertarungan. Pakailah slinger ammo pada saat seperti ini, kalian bisa menembaknya di muka untuk memberinya efek stun sementara.

Anjanath

Anjanath

Area : Ancient Forest dan Wildspire Waste
Element : api
Kelebihan : fireblight
Lemah terhadap : ice, water dan thunder
Titik lemah : kepala, tulang belakang dan buntut
Break point : kepala, kaki dan buntut
Yang diperlukan : tidak ada barang khusus

Anjanath adalah monster yang cukup tinggi, jadi senjata kecil seperti Dual Blades akan sulit untuk menyerang titik lemahnya. Kalau kalian tidak bisa mengenainya, kalian fokuslah untuk menyerangnya pada kaki untuk membuatnya jatuh, barulah kalian bisa menyerang kepala dan buntutnya tapi cobalah untuk menyerang kepalanya sebanyak yang kalian bosa. Kalau kalian sudah menyerang damage yang cukup banyak, dia akan mundur dan membuka lebih banyak opening untuk damage yang lebih sakit lagi. Kalau kalian terkena fireblight, kalian harus roll beberapa kali untuk menghilangkan apinya.

Rathian

Rathian

Area : Ancient Forest dan Wildspire Waste
Element : api
Kelebihan : racun
Lemah terhadap : dragon dan thunder
Titik lemah : kepala, sayap dan buntut
Break point : kepala, sayap, punggung dan buntut
Yang diperlukan : flash pods, flashbug, antidote atau obat herbal

Rathian dikenal juga sebagai rajanya daratan, tapi dia juga suka terbang. Jadi kalian harus membawa flash pods untuk membuatnya mendarat dan juga flashbug untuk membuat lebih banyak flash pods pada saat bertarung. Putuskan buntutnya untuk membatasi jarak racunnya, dan saat ia memutar buntutnya, kalian harus sudah siapkan flash pods. Saat ia mulai menggunakan serangan fireball-nya, memutarlah dan serang ia dari samping. Rathian sangat lemah terhadap stun, dan serangannya membuka beberapa peluang untuk menyerangnya di kepala jadi untuk kalian pengguna Hammer tidak akan ada masalah membuatnya KO.

Barroth

Barroth

Area : Wildspire Waste
Element : tidak ada
Kelebihan : waterblight
Lemah terhadap : fire dan water (saat diselimuti lumpur), ice
Titik lemah : lengan, buntut dan kaki
Break point : kepala, lengan, buntut dan kaki
Yang diperlukan : nullberries

Barroth adalah monster yang hobi akan menyerang dan menembakan lumpur kemana-mana. Kalian harus fokus untuk melepaskan armor lumpurnya terlebih dahulu, karena itu akan menghilangkan serangan menembak lumpurnya dan mengubahnya menjadi peluang yang besar untuk menyerang. Kalau kalian terjebak dalam tumpukan lumur, cobalah untuk melompat keluar sebelum kalian diserang. Kalau kalian terkena waterblight, pakailah nulberries, karena kalau tidak. stamina kalian akan terserap. Senjata yang kecil seperti Sword and Shield dan Dual Blade akan sangat bagus untuk menyerang lengannya. Kalau kalian menggunakan senjata yang besar seperti Great Sword, kalian akan punya waktu yang lebih mudah menyerang kakinya dan buntutnya, karena kalian mungkin akan terpental oleh kepalanya saat ingin menyerang lengannya. Barrot benar-benar lemah terhadap paralysis, dan melumpuhkannya bisa membuat pembuka yang besar untuk memotong buntutnya atau menghancurkan armor lumpurnya. Dia juga sering mengaung, jadi kalau punya skill armor Earplugs akan berguna.

Jyuratodus

Jyuratodus

Area : Wildspire Waste
Element : air
Kelebihan : waterblight
Lemah terhadap : thunder dan water (saat diselimuti dengan lumpur)
Titik lemah : Kepala, ujung ekor
Break point : kepala, punggung, kaki, ujung buntut
Yang diperlukan : nullberries, waterproof mantle, immunity mantle

Jyuratodus sangat menyebalkan karena 2 alasan :

Pertama, kalian harus bertarung di area yang berair, yang mempersulit kalian untuk bergerak. Waterproof mantle bisa menyelesaikan masalah itu untuk sementara, tapi dengan skill armor Aquatic Expert, itu tidak akan menjadi masalah dan memberikan bonus evasion.

Kedua, Jyuratodus suka menyerang secara acak, serangannya sulit di prediksi dan sangat sakit, kalau kalian melihatnya di belakang, kalian harus roll menghindar atau kalian akan kena serangannya. Untungnya, dia sangat lemah terhadap stun, yang membuat Hammer pilihan yang sangat bagus untuk ini.

Diablos

Diablos

Area : Wildspire Waste
Element : tidak ada
Kelebihan : tidak ada
Lemah terhadap : water dan ice
Titik lemah : kepala, perut dan sayap
Break point : tanduk, sayap dan buntut
Yang diperlukan : screamer pods dan flash pods

Monster yang satu ini menyukai 2 hal, yaitu menggali dan menyeruduk. Kalian bisa memanfaatkan serangannya dengan memakai screamer pod, walaupun hanya bekerja pada saat ia tidak marah. dia akan terkena stun dan nyangkut di tanah selama beberapa detik, memberi kalian akses untuk menyerang tanduknya dan perutnya. Dan saat ia berhasil kabur, kalian bisa gunakan flash pods untuk memberinya stun lagi. Dan untuk serangan menyeruduknya, Kalian bisa saja menghindari serangan ini dengan mudah, tapi kami rekomendasikan menggunakan senjata dengan shield. karena menangkisnya langsung bisa menaruh kalian pada posisi untuk menyerang perutnya, yang merupakan salah satu weak spotnya. Atau, kalian usahakan untuk berada di bawah perutnya sebisa mungkin.

Black Diablos

Black Diablos

Area : Wildspire Waste
Element : tidak ada
Kelebihan : tidak ada
Lemah terhadap : water dan ice
Titik lemah : kepala, perut dan sayap
Break point : tanduk, sayap dan buntut
Yang diperlukan : screamer pods dan flash pods

Black Diablos juga mempunyai kelemaham yang sama dengan Diablos, yaitu sceamer pods dan flash pods, dan yang ini lebih suka lagi untuk menyeruduk. Dia bisa melakukan 2 kali pukulan keras, yang artinya kalian belum aman hanya karena menangkis atau menghindar yang pertama. Buntutnya juga keji, kalau kalian tidak berhati-hati maka kalian akan kena pukulannya.

Pink Rathian

Pink Rathian

Area : Wildspire Waste, Coral Highland
Element : fire
Kelebihan : racun
Lemah terhadap : thunder dan dragon
Titik lemah : kepala, sayap dan buntut
Break point : kepala, sayap dan buntut
Yang diperlukan : flash pods, antidotes dan obat herbal

Pink Rathian adalah Rathian yang sudah belajar beberapa trik baru. Sekarang tidak lagi menggunakan tail flip vertikal, tapi menggunakan tail frlip 360 derajat dengan jarak yang lebih luas. Dia juga akan menggigit 2 kali. Trik baru ini tidaklah sulit untuk di hindar, kalian hanya perlu memberinya jarak lebih jauh dan kalian akan bertarung seperti Rathian yang biasa.

Tzitzi-Ya-Ku

Tzitzi-Ya-Ku

Area : Coral Highland
Element : tidak ada
Kelebihan : bisa membuat stun dengan serangan cepatnya
Lemah terhadap : thunder dan ice
Titik lemah : kepala
Break point : kepala
Yang diperlukan : tidak ada barang khusus

Tzitzi-Ya-Ku berperilaku mirip dengan Kulu-Ya-Ku, dengan perbedaan utamanya adalah serangan cepatnya. Serangan ini memiliki jarak yang besar dan kalian akan terkenal efek stun kalau kalian kena, walaupun kalian bisa menangkisnya dengan semua jenis shield. Kalian juga bisa melumpuhkan serangan ini dengan cara merusak kepalanya.

Paolumu

Paolumu

Area : Coral Highland
Element : tidak ada
Kelebihan : tidak ada
Lemah terhadap : fire dan thunder
Titik lemah : kepala dan leher (saat menggembung)
Break point : kepala, kaki dan buntut
Yang diperlukan : flash pods

Paolumu adalah monster yang sangat lucu dan hampir tidak tega rasanya untuk memburu monster yang satu ini, dan lehernya adalah kelemahan yang besar sampai-sampai sulit juga untuk tidak menyerangnya. Seranglah dia kapanpun ia menggembungkan lehernya, dan kalau ia terbang, pakailah segera flash pods untuk membuatnya turun. Monster yang satu ini juga sangat lemah terhadap ledakan.

Kirin

Kirin

Area : Coral Highland
Element : thunder
Kelebihan : thunderblight
Lemah terhadap : water, ice dan fire
Titik lemah : kepala
Break point : tanduk
Yang diperlukan : thunderproof mantle dan immunity mantle

Kirin secara teknis adalah leluhur naga, tapi ia terlihat dan bertarung seperti unicorn. Seperti diablos, ia juga sangat suka menyeruduk, tapi yang jadi masalah adalah serangan thunder AOE (area of effect) yang cukup banyak. Akan tetapi, kalau kalian sudah tahu dimana petirnya akan menyambar, kalian bisa menghindarinya untuk menyerang kepalanya, yang merupakan satu-satunya weak spot yang dimilikinya. Menghancurkan tanduknya adalah prioritas utama kalian saat melawannya, karena itu akan menghentikan serangan petirnya. NOTE : tanduknya juga sekeras monsternya, jadi butuh banyak usaha juga.

Legiana

Legiana

Area : Coral Highland
Element : ice
Kelebihan : iceblight
Lemah terhadap : thunder dan fire
Titik lemah : kepala, sayap dan buntut
Break point : kepala, sayap dan buntut
Yang diperlukan : flash pods, flashbug, nullberries dan glider mantle

Legiana adalah salah satu monster paling cantik, tapi juga bisa menjadi yang paling menyebalkan. kenapa ? karena iceblight dari serangan ice nya akan menyerap stamina kalian, itulah sebabnya kalian harus membawa mullberries untuk menyembuhkannya. Yang satu ini juga suka terbang, jadi siapkan juga flash pods untuk membuatnya mendarat. Senjata range juga adalah solusi yang bagus karena bisa menembaknya saat ia terbang dan membuatnya stun selama beberapa detik. Bawalah gilder mantle kalian supaya kalian bisa menggunakan jalan pintas menuju sarangnya. Carilah di Coral Highland di bagian bawah dan berpasir, tidak jauh dari tebing.

Great Girros

Great Girros

Area : Rotten Vale
Element : tidak ada
Kelebihan : paralysis
Lemah terhadap : water, ice dan fire
Titik lemah : kepala, kaki depan dan buntut
Break point : kepala, kaki depan dan buntut
Yang diperlukan : thunderproof mantle dan immunity mantle

Great Girros adalah monster pack hunter yang bisa memanggil segerombolan girros biasa yang bisa menggigit kalian pada saat pertarungan. Lebih baik cepat bersihkan mereka untuk mencegah Great Girros membangun serangan paralysisnya, yang merupakan ancaman terbesar dari monster ini. Serangan dari gigi taringnya adalah damage paralysis yang kuat dan sakit, dan kalau kalian terkena paralyze atau lumpuh di tengah gerombolan girros, kalian mungkin akan dipulangkan kembali ke camp. Untungnya, Great Girros mempunyai health yang rendah dan bisa dikalahkan dengan cepat. Dia juga sangat lemah terhadap efek sleep, kalau kalian ingin menggunakan sleep bomb.

Radobaan

Radobaan

Area : Rotten Vale
Element : tidak ada
Kelebihan : tidak ada
Lemah terhadap : ice dan dragon
Titik lemah : kepala dan kaki
Break point : kepala, buntut dan bone armor (armor tulangnya)
Yang diperlukan : tidak ada barang khusus

Tubuh Radobaan yang besar membuatnya lemah terhadap piercing dari senjata range, dan serangan roll-nya mudah di tangkis dengan kebanyakan shield yang ada. Sesudah kalian menghancurkan beberapa bone armornya, senjata ledakan akan sangat berguna, kalian bisa menyerangnya saat ia melakukan serangan roll-nya, membuka peluang besar untuk damage. Saat ia menggali untuk membuat ulang armornya kembali, gunakan downtime untuk mempertajam atau reload senjata kalian.

Odogaron

Odogaron

Area : Rotten Vale dan Coral Highland
Element : tidak ada
Kelebihan : efek bleeding
Lemah terhadap : thunder dan ice
Titik point : kepala, cakar dan buntut
Break point : kepala, cakar, kaki dan buntut
Yang diperlukan : Astera jerky

Odogaron adalah satu-satunya monster yang mempunyai efek bleeding. Kalian akan menerima damage yang sakit selama efek ini, dan satu-satunya cara natural untuk menghentikan efeknya adalah dengan cara merunduk selama beberapa detik, dimana Odoragon tidak akan membiarkan kalian melakukannya, jadi bawalah Astera jerky untuk menghilangkannya. Kalian juga harus berhati-hati saat menjatuhkannya, karena dia akan melakukan counter attack dengan gigitannya. Dia juga sangat lemah terhadap paralysis.

Dodogama

Dodogama

Area : Elder’s Recess
Element : blastblight
Lemah terhadap : water, ice dan thunder
Titik lemah : kepala dan buntut
Break point : kepala, kaki depan dan buntutnya
Yang diperlukan : fireproof mantle dan immunity mantle

Dodogama sebetulnya adalah Great Jagar yang lebih lucu yang bisa meledak. Dia akan mengambil bebatuan dengan mulutnya dan melemparkannya kepada kalian kalo sudah bagus dan cair. Ini akan memberi kalian fire damage, yang bisa kalian hilangkan dengan mantle atau dengan rolling. Kalian bisa membuat batunya menjadi senjata makan tuan dengan menyerang kepalanya, kalau kalian menyerangnya cukup kuat maka batunya akan membakar mulutnya, membuatnya stun sementara dan terkena damage.

Bazelgeuse

Bazelgeuse

Area : Ancient Forest, Wildspire Waste, Coral Highland, Rotten Vale dan Elder’s Recess
Element : fire
Kelebihan : fireblight
Lemah terhadap : dragon, thunder dan ice
Titik lemah : kepala, sayap dan buntut
Break point : kepala, sayap dan buntut
Yang diperlukan : flash pods

Kemungkinannya kalian akan bertarung puluhan kali dengan yang satu ini saat kalian mendapatkan quest. Monster yang satu ini muncul dimana-mana dan sangat suka mencari ribut dengan monster yang kalian buru, yang terkadang sangat menyebalkan. Serangan dan gerakan mereka sangat lamban dan mudah diprediksi, tapi bomb nanas nya yang jatuh dari tubuhnya itu lah yang sangat merepotkan. Saat Bazelgeuse marah, ini akan langsung meledak dan memberikan damage yang besar. Kalian juga harus menggunakan flash pods saat dia akan terbang untuk melakukan bombing run-nya.

Uragaan

Uragaan

Area : Elder’s Recess
Element : fire
Kelebihan : blastblight
Lemah terhadap : water, ice dan dragon
Titik lemah : kepala, perut dan tangan bawah
Break point : kepala, punggung dan buntut
Yang diperlukan : fireproof mantle dan immunity mantle

Uragaan sangat sama dengan Radobaan, kecuali yang satu ini melempar bomb dan bukan tulang. Beberapa kali dari serangannya, termasuk roll-nya, akan memenuhi tanah dengan bomb yang akan meledak setelah sesaat atau saat kalian mengenainya. Ini akan memberikan damage yang besar dan bisa dengan mudah memberi efek stun, jadi usahakan sebaik mungkin untuk menghindarinya. Untungnya, Uragaan dan Radobaan mempunyai beberapa kesamaan seperti kelemahan pada piercing ammo.

Azure Rathalos

Azure Rathalos

Area : Ancient Forest dan Elder’s Recess
Element : fire
Kelebihan : racun
Lemah terhadap : ice dan dragon
Titik lemah : kepala, sayap dan buntut
Break point : kepala, sayap dan buntut
Yang diperlukan : flash pods, flashbug, antidote atau obat herbal

Sama seperti Pink Rathian dan Rathian, Azure Rathalos juga adalah Rathalos yang sudah di upgrade dan diganti warnanya. Trik baru dari Azure Rathalos cakar yang menukik dari udara. Artinya dia harus terbang terlebih dahulu dan seperti biasanya, kalian bisa menggunakan flash pod.

Nergigante

Nergigante

Area : Elder’s Recess
Element : tidak ada
Kelebihan : tidak ada
Lemah terhadap : dragon dan thunder
Titik lemah : kepala, kaki depan dan spike (duri) putih
Yang diperlukan : tidak ada barang khusus

Nergigante ini seperti kaca, dia memberi dan juga mendapatkan damage yang besar. Setelah kalian membuatnya marah, dia akan mengeluarkan spike dari seluruh tubuhnya. Dia bisa menumbuhkan spike dari kepalanya, kaki depannya, sayapnya dan buntutnya. Kalian akan memberi damage yang lebih keras dan keras pada spike itu, kalau kalian menghancurkannya, kalian akan membuat Nergigante terkena efek stun selama beberapa detik. Jangan biarkan spike itu karena nanti bisa mengeras dan berubah menjadi spike berwarna hitam, yang akan menyebabkan serangan kalian mental dan memberi ‘bahan bakar’ pada serangan terkuat Nergigante. Ini adalah pertarungan dimana akan menyita banyak waktu kalian.

Lavasioth

Lavasioth

Area : Elder’s Recess
Element : fire
Kelebihan : fireblight
Lemah terhadap : water, thunder (kebal saat mengeras), ice (kebal saat mengeras)
Titik lemah : kepala dan perut
Break point : kepala, punggung, kaki dan ujung buntut
Yang pelu dibawa : fireproof mantle dan slinger torch pods

Kalau Jyuratodus punya armor lumpur, yang satu ini punya amror lava. Dia akan menyelimuti diri dengan lava kapanpun dia menyelam ke dalam lava di Elder’s Recess. Ini akan mempersulit kalian kecuali menggunakan senjata range terutama Light Bowgun yang bisa menembakan peluru air dengan cepat, tapi masalah yang sebenarnya adalah apa yang terjadi setelahnya. Armor lavanya akan mengeras dan membuat senjata melee tidak akan mempan, tapi untungnya kalian tidak harus menunggunya untuk menyelam kembali untuk melunakkan armornya. Kalian bisa mengambil beberapa slinger torch pods di tumpukan batu yang bisa kalian temukan di sarangnya. Tembakkan slinger tersebut pada armornya dan armornya akan segera melunak.

Teostra

Teostra

Area : Elder’s Recess dan Wildspire Waste
Element : fire
Kelebihan : fireblight dan blastblight
Lemah terhadap : water dan ice
Titik lemah : kapala, sayap dan buntut
Break point : kapala, sayap dan buntut
Yang diperlukan : flash pods, fireproof mantle dan immunity mantle

Teostra sangat menyukai api dan ledakan. Dia akan terus mengirimkan percikan yang akan menyebabkan blastlight, jadi kalian pasti akan sering menggunakan roll. Kunci untuk mengalahkannya adalah kepalanya. Kalau kalian memberikan damage yang cukup besar dengan cepat, dia akan terkena stun, diapun akan kelihalangan kemarahannya kalau dia sedang ada dalam keadaan marah. Ini akan membuka peluang untuk damage yang besar, tapi kalian juga bisa membuka peluang lagi dengan memberinya stun menggunakan flash pods.

Kushala Daora

Kushala Daora

Area : Ancient Forest dan Elder’s Recess
Element : tidak ada
Kelebihan : tidak ada
Lemah terhadap : drgaon dan thunder
Titik lemah : kepala, kaki depan dan buntut
Break point : kepala, sayap dan buntut
Yang perlu dibawa : flash pods dan flashbug

Seperti Rathalos, monster yang satu ini juga suka terbang, jadi kalian pasti membutuhkan flash pods yang cukup untuk membuatnya turun. Tapi jangan kalian menggunakan flash didalam angin topan yang ia kelurkan, karena kalian tidak akan bisa menyerangnya saat ia turun. Kalian juga bisa membuatnya diam di darat dengan menyerang kepalanya dan terkena stun seperti Teostra. Senjata ledakan adalah pilihan yang terbaik untuk melawan Kushala Daora. Fokus untuk menyerang kepalanya, karena akan menghentikan serangan angin kuatnya.

Vaal Hazak

Vaal Hazak

Area : Rotten Vale
Element : tidak ada
Kelebihan : effluvia
Lemah terhadap : dragon dan fire
Titik lemah : kepala, perut dan buntut
Break point : kepala, kaki depan, perut dan buntut
Yang perlu dibawa : nullberries

Vaal Hazak bisa dibilang adalah naga zombie, dan ia juga mmepunya kelebihan yang unik dari pada monster lainnya Monter Hunter : Wold. Gas effluvia akan memberikan damage terus menerus dan jika tidak di cek, akan memotong max health kalian menjadi setengah. Kalian bisa menyembuhkannya dengan nullberries, tapi seperti pepatah ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’ dengan skill armor Effluvial Expert dan Effluvia Resistance. Skill-skill ini membuat pertarungan lebih bisa dikendalikan. Vaal Hazak tidak hanya mempunyai serangan yang berbahaya, tapi pikirannya juga, terutama serangan effluvia beam atau sinar effluvianya. Tapi kalau kalian tetap disampingnya, seangan beam-nya akan menjadi peluang damage yang besar. Fokus pada perutnya untuk membuatnya sempoyongan, dan lalu pada kepala atau sayapnya saat ia jatuh.

Zorah Magdaros

Area : special
Element : fire
Kelebihan : fireblight
Lemah terhadap : water, ice dan dragon
Titik lemah : magma-nya
Break point : kepala, perut dan punggung
Yang diperlukan : kesabaran

Zorah Magdaros lebih ke latihan daripada monster. Sesudah kalian menghancurkan magma-nya yang ada di punggungnya, mengambil red ore dan yang harus kalian lakukan adalah menembaknya dengan cannon dan ballistae, menggunakan dragonator kapanpun tersedia. Pertarungan ini akan sangat lambat apapun yang kalian lakukan.

Xeno’jiiva

Xeno'jiiva

Area : special
Element : fire
Kelebihan : fireblight
Lemah terhadap : semua element
Titik lemah : kapala, kaki depan, perut dan buntut
Break point : kepala, kaki depan dan buntut
Yang diperlukam : material untuk membuat healing

Xebo’jiiva adalah final boss atau boss terkahir di Monster Hunter: World, dah darahnya yang super tebal layak untuk memegang posisi itu. Apapaun yang kalian lakukan disini akan menyita cukup banyak waktu, jadi main nyaman dan enjoy saja. Kalian harus fokus pada kaki depannya untuk menjatuhkannya, lalu serang kepalanya. Saat dia sudah berubah ke bentuk keduanya, gunakan strategi yang sama, tapi saat jatuh, serang perutnya karena kalian akan memberikan bonus damage yang cukup besar. Kalian juga bisa menggunakan Stalagmites yang tersebar di pertarungan kedua untuk melindungi diri kalian dari serangan beam Xeno’jiiva. Kalau kalian kesulitan untuk mengancurkan buntutnya, coba gunakan Dual Blades atau Insect Glaive. Dan kalau kalian perlu menghancurkan sayapnya untuk mendapatkan material, cobalah menggunakan Heavy Bowgun. Piercing ammo juga bekerja dengan sangat baik disini.

BONUS TIPS :

Menurut Duniaku, tips untuk bermain solo di Monster Hunter World adalah memaksimalkan kucing ‘Palico’ kalian. Kalian bisa memberikannya peralatan dan meningkatkan skill Palico, dengan begitu, kalian bisa merekruk Palico lainnya yang bisa membantu kalian menemukan Monster-Monster di area tertentu.

Itulah Ultimate Guide Monster Hunter World tentang cara menemukan dan mengalahkan semua monster yang bisa kami berikan sama kalian, semoga bisa membantu dan bisa mempermudah kalian selama hunting. Atau untuk lebih lengkpanya, kalian bisa kunjungi Monster Hunter Wiki.

Jangan sampai kelewatan, baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *