Sejarah Super Mario Bros

Sejarah Lengkap Super Mario Bros Yang Legendaris

Game Online Indonesia – Kali ini Goi ingin membagikan Sejarah Super Mario Bros yang legendaris dan sangat populer pada tahun 90-an. Super Mario Bros adalah sebuah game yang di kembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo. Sebuah game penerus dari game sebelumnya, Mario Bros pada tahun 1985 di Jepang untuk Famicom lalu ke Amerika dan Eropa untuk Nintendo Entertainment System atau NES pada tahun 1985 dan 1987. Para player mengendalikan Mario atau saudaranya Luigi untuk mode multiplayer selagi mereka berpetualang di Mushroom Kingdom untuk menyelamatkan Princess Toadstool dari sang antagonis, Bowser. Mereka harus melewati berbagai level selagi menghindari berbagai macam rintangan seperti musuh dan lubang dengan bantuan seperti Super Mushroom, Fire Flower dan Starman.

Game ini de desain oleh Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka dan awalnya direncanakan sebagai perpisahan ke Famicon di Jepang sebelum merilis Famicon Disk System, pengaruh teknikal gambar dari beberapa game sebelumnya. Game ini di desain dengan akses mudah, dengan level pertama, World 1-1, didesain untuk memperkenalkan mekanik inti. Musiknya disusun oleh Koji Kondo, dan di anggap mempengaruhi pembuatan musik menjadi aspek lebih besar untuk video game.

Super Mario Bros sering dianggap sebagai game terbaik sepanjang masa. Game ini telah terjual sebanyak 40 juta copy-an, membuatnya salah satu best selling game sepanjang masa dan salah satu game paling penting untuk game NES. Game ini juga dikreditkan bersama dengan NES sebagai salah satu faktor kunci dalam menghidupkan kembali industri video game setelah kejadian crash pada tahun 1983, dan membantu mempopulerkan side-scrolling games. Lalu mulai untuk memperluas termasuk serial game long-running, serial kartun TV, dan sampai filmnya. Pemindahan dan remake pada game dirilis untuk sebagian besar fitur pada sistem Nintendo.

Sejarah Super Mario Bros

Plot dan setting

Dalam dunia fantasy yang disebut Mushroom Kingdom, sebuah suku dengan makhluk seperti kura-kura bernama Koopa Troopas menyerang kerajaan Muhsroom dan menggunakan kekuatan magis dari rajanya, Bowser, untuk mengubah penduduk kerajaan yang dikenal dengan Mushroom People menjadi objek seperti batu bata dan tanaman. Bowser dan pasukannya juga menculik Princess Toadstool, putri dari kerajaan Mushroom dan satu-satunya yang bisa membalikan mantra dari Bowser. Setelah mendengar beritanya, Mario memutuskan untuk menyelamatkan sang putri dan membebaskan kerajaan dari Bowser. Setelah melalui berbagai pertarungan dengan pasuka Bowser, Mario akhirnya mencapai Bowser, dimana ia mengalahkannya dengan melemparkan sebuah kapak pada jembatan apung dimana Bowser berada dengan lava dibawahnya, menghancurkan jembatannya, dan membebaskan sang putri dan juga kerajaannya.

Gameplay

Di dalam Super Mario Bros, player berperan sebagai Mario, protagonis dari seri ini. Luigi, adik dari Mario di kendalikan oleh pemain kedua dalam mode multiplayer dan mempunyai peran dan fungsi yang sama dengan kakanya Mario. Tujuannya adalah menembus Mushroom Kingdom, selamat dari pasukan antagonis utama, yaitu Bowser dan selamatkan Princess Toadstool. Game ini adalah platformer side-scrolling, dimana player menggerakkan karakter dari kiri ke kanan layar untuk mencapai tiang bendera dari akhiran setiap level.

Dunia dalam game memfituri koin-koin yang berceceran untuk Mario ambil dan batu bata spesial yang ditandai dengan tanda tanya, yang saat di heading dari bawah akan keluar lebih banyak koin dan item spesial. Dan terkadang rahasia lainnya tidak terlihat, batu bata yang mempunyai item lebih langka dan koin yang lebih banyak. Kalau player mendapatkan Super Mushroom, Mario akan berubah menjadi dua kali lebih besar dari ukurannya dan mempunyai kemampuan untuk menghancurkan batu bata yang ada di atasnya. Kalau Mario terkena hit dalam mode ini, dia tidak akan mati melainkan kembali ke ukuran semulanya. Player mulai dengan beberapa nyawa dan mungkin bisa mendapatkan nyawa tambahan dengan mengambil jamur berwarna oranye + hijau di batu bata tersebunyi, atau dengan mengumpulkan 100 koin, mengalahkan musuh dengan tempurung Koopa, atau melompati musuh-musuh tanpa menyentuh tanah. Mario akan kehilangan nyawanya bila terkena hit saat ukurannya kecil, jatuh ke jurang atau kehabisan waktu.

Serangan utama Mario adalah mengijak musuh, walaupun banyak musuh dengan resnpon yang berbeda pada serangan ini. Contohnya, seekor Goomba (jamur) akan gepeng dan terkalahkan, sedangkan Koope Troopa (kura-kura) akan masuk kedalam tempurungnya sementara, memungkinkan Mario untuk menggunakannya sebagai proyektil. Tempurung ini bisa kalian lemparkan ke tembok untuk mengalahkan musuh-musuh, walaupun bisa terpental kembali ke arah Mario yang bisa sampai membunuhnya. Musuh lainnya seperti yang di bawah laut dan musuh dengan duri di atasnya, tidak bisa di injak dan malahan akan melukai player. Mario juga bisa mengalahkan musuh di atasnya dengan menyundul batu bata dimana musuh berada. Mario bisa mendapatkan Fire Flower dari batu bata yang ditandai dengan tanda tanya tertentu yang saat diambil akan mengubah warna menjadi mode Super Mario yang memungkinkan player untuk melemparkan bola api. Item lain yang langka adalah Starman, yang muncul saat Mario menyundul batu bata yang tersembunyi atau invisible atau tidak terlihat, item ini akan membuat Mario tidak terkalahkan sementara pada sebagian besar bahaya.

Game ini terdiri dari delapan dunia dengan empat sub-level yang di sebut ‘stages’ didalam setiap dunia. Stage terakhir dari setiap dunia akan berkahir di dalam sebuah istana dimana player akan bertarung dengan Bowser di atas jembatan gantung, tujuh Bowser pertama adalah Bowser yang palsu yang sebenarnya adalah anak buahnya yang menyamar jadi dia, dan Bowser yang asli bisa ditemuka di dunia ke delapan. Bowser yang asli dan palsu bisa dikalahkan dengan menginjak mereka dan mencapai kapak di ujung jembatan, walaupun mereka juga bisa kalian kalahkan dengan Fire Flower. Game ini juga ada stage-stage bawah laut, dengan musuh yang berbeda-beda. Sbegai tambahan, ada banyak bonus dan area rahasia di dalam game. Kebanyakan orang mengulang gamenya dengan menambah tingkat kesulitannya, seperti semua Goombas yang di ganti dengan kumbang, musuh seperti Koope Troopas yang tidak bisa dikalahkan dengan Fire Flower.

Pengembangan

Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka

Super Mario Bros, penerus dari game arcade Mario Bros, seperti yang disebutkan sebelumnya, didesain oleh Shigeru Miyamoto dan Takashi Tezuka, yang keduanya dimiliki oleh departemen kreatif Nintendo den sebagian besar diprogram oleh Tokishi Nakago dari SRD Company Ltd. Walaupun awalnya tidak menggunakan karakter tertentu, proses tentang apa yang menjadi game selanjutnya termotivasi dari permainan-permainan sebelumnya seperti Excitbike, Devil World dan Kung Fu. Miyamoto menjelaskan “Kami sangat yakin tentang bagaimana kami menjadi yang pertama dengan genre itu, dan telah menjadi tujuan kami untuk terus mendorongnya.” Game nya dibuat bersama dengan The Legends of Zelda, game lain yang didireskturi dan didesain oleh Miyamoto, yang dirilis 5 bulan setelah Super Mario Bros di Jepang. Sebagai hasilnya, elemen tertentu terbawa dari Super Mario Bros dan The Legends of Zelda. Contohnya, bar api pada istana pada level-level pada game adalah objek yang tidak dipakai di Zelda. Pengembangan dimaksudnkan untuk kesederhanaan supaya mempunyai permainan baru yang tersedia untuk shopping season end-of-year.

Tezuka menyarankan penggunaan Mario setelah melihat penjualan dari figur Mario Bros, yang masih mendatapkan penjualan yang bagus setalah setahun terakhir. Team memilih dengan nama game ‘Super Mario Bros’ setelah memutuskan untuk memasukkan Super Mushroom kedalam game. Game ini awalnya dibuat untuk menggunakan konsep dimana Mario atau Luigi bisa menggunakan pesawat roket dan mengendarainya sambil menembaki musuh-musuh yang ada, tapi konsep ini malah tidak tergunakan, stage bonus berbasis langit pada permainan akhir akhirnya menjadi sisa dari konsep ini. Setelah merilis Mario Bros, team menyatakan bahwa ini adalah keputusan yang tidak logis dan masuk akal untuk Mario bisa terluka hanya karena menginjak kura-kura yang berjalan. Jadi mereka memutuskan bahwa game Mario kedepannya akan memungkinkan para player untuk menginjak kura-kura sesuka mereka. Saat men-desain King Koopa, Miyamoto awalnya membayangkan karakter sebagai seekor sapi, mengambil inspirasi dari desain karakter Ox King dari film Toei Animation Alakazam the Great. Namun, saat Tezuka melihat desain Miyamoto untuk karakternya, ia mengatakan bahwa itu lebih mirip mirip dengan kura-kura, mendorong keduanya bekerja dalam mendefinisikan dan menyempurnakan desain karakter sampai muncul dengan tampilan akhirnya.

Pengembangan pada Super Mario Bros adalah contoh awal dari spesialisasi dakan industri game, dimungkinkan dan diperlukan oleh kemampuan Famicom. Miyamoto membuar desain dunia game dan mempin sebuah team dengan 7 programer dan artis yang mengubah ide-ide menjadi code, musik dan efek suara. Team berdasarkan level desain pada Mario kecil, berniat untuk membuat ukurannya lebih besar pada versi akhir. Lalu mereka memutuskan akan lebih seru untuk Mario bisa berubah ukurannya melalui Power-Up. Desain level awal difokuskan untuk mengajari para player bahwa jamur berbeda dengan Goombas dan akan meguntungkan mereka, jadi pada level pertama permainan, jamur pertama sulit untuk dihindari kalau ia di keluarkan. Kegunaan jamur untuk mengubah ukuran dipengaruhi oleh cerita rakyat Jepang yang umum dimana orang-orang berkelana ke hutan dan memakan jamur ajaib, ini juga menghasilkan dunia dalam game dinamakan Mushroom Kingdom. Team juga sengaja memilih untuk tidak membuat mario pada level Super Mario untuk membuat para player mendapatkan jamurnya memuaskan. Miyamoto menjelaskan “Saat kami membuat prototipe pada Mario yang besar, kami merasa tidak cukup besar. Jadi, kami muncul dengan ide untuk menunjukan Mario yang kecil terlebih dahulu, yang bisa menjadi lebih besar di dalam game, lalu para player bisa melihat dan merasakan bahwa ia menjadi lebih besar.” Sebuah rumor menyebar dari majalan Jepang mengklaim bahwa para developer muncul dengan ide untuk memasukkan Mario yang kecil setelah sebuah bug dalam permainan yang menyebabkan hanya bagian atas tubuh Mario yang muncul, Tapi rumor ini disngkal oleh Miyamoto. Miyamoto mengatakan trik penembakan 1-up itu sengaja dirancang dan diuji dengan hati-hati. Tapi “Orang-orang ternyata lebih jago melakukan triknya dari waktu ke waktu dari yang kami duga.” Fitur lain seperti Blcok yang mengandung koin, terinspirasi dari kesalahan programming.

Super Mario Bros di kembangkan melalui cartridge 256-kilobit. Karena keterbatasan teknis saat itu, dilakukan beberapa trik untuk menghemat cartridge. Contohnya, kalau kalian perhatikan, awan dan semak-semak bentuknya sama hanya saja diubah warnanya. efek suara juga di ulang, suara saat Mario terkena damage sama dengan suara saat dia memasuki pipa, dan juga suara saat ia menginjak musuh dan saat ia berenang di level bawah laut. Setelah menyelesaikan permainan, para team pengembang memutuskan bahwa mereka harus memperkenalkan para player dengan musuh yang mudah dikalahkan daripada memulai game dengan Koopa Troopas. Di titik ini, game ini sudah kehabisa memori, jadi oara designer membuat Goombas dengan membuat satu permainan, yang akan muncul di perhitungan kehidupan atau nyawa player kalau mereka berhasil mendapatkan setidaknya 10 nyawa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *