Game Petak Umpet Populer di Banyak Negara Bukan Hanya di Indonesia

Game Petak Umpet Populer di Banyak Negara Bukan Hanya di Indonesia

Game Online Indonesia – Memasuki masa liburan sekolah menjadi saat- saat yang paling menyenangkan bagi seluruh anak di dunia. Karena mereka dapat bermain dengan sepuasnya tanpa harus memikirkan sekolah serta tugas. Biasanya waktu liburan akan mereka isi dengan sejumlah permainan yang amat mereka sukai bersama teman-temannya. Namun pernahkah anda bermain permainan “petak umpet”?

Membaca judulnya saja mungkin anda akan langsung tersenyum, apalagi jika sedang membaca artikel yang akan kami bahas mungkin anda akan geli sendiri, karena teringat saat memainkannya pada saat masih menjadi bocah beberapa tahun lalu. Petak Umpet ini semakin lama semakin hilang, namun masih ada dimainkan sebagian orang. Salah satu permainan ini banyak disukai oleh beberapa ank.

Jangan cuma bisa memainkan permainan ini , namun anda juga harus ketahui asal usul dari petak umpet ini, maka dari itu akan kami informasikan untuk anda semua.

Mengenal Permainan Petak Umpet

Petak umpet memiliki istilah dalam bahasa inggris yaitu “Hide and Seek”, merupakan permainan jadul (lama) yang sangat populer, bukan hanya di Indonesia melainkan juga dibeberapa negara lainnya.

Seperti yang kalian tahu, cara memainkan permainan ini cukup mudah, dimana permainan ini dimainkan oleh lebih dari satu pemain. Salah satu pemain akan menutup matanya untuk beberapa waktu (biasanya orang itu akan menghitung dari 1 sampai 10 bahkan bisa lebih tergantung pada aturan yang disepakati oleh kelompok tersebut), sementara yang lain akan bersembunyi.

Untuk menentukan pemain mana yang harus menutup mata dan yang bersembunyi biasanya diundi atau ditentukan dengan cara seperti gunting, suit batu dan kertas dan sebagainya.

Apabila si penutup mata sudah selesai dalam menghitung, ia kemudian akan mencari teman-temannya yang bersembunyi. Namun sebelum dia mencari teman-temannya dirinya harus mengatakan “Aku Datang”, sebelum akhirnya mulai mencari, itu adalah petanda pada pemain lain yang sedang bersembunyi untuk bersiap-siap di buru.

Pemain yang ditemukan pertama kali akan menjadi penjaga atau si pencari pada permainan yang berikutnya, apabila ada salah satu pemain yang belum ditemukan (akhir) akan menjadi pemenang permainan.

Di dalam bentuk permainan ini, apabila para penyembunyi akan mencoba untuk kembali ke “home base” saat si pencari sedang berusaha untuk menemukan mereka. Apabila semua pemain yang bersembunyi tersebut berhasil kembali dengan selamat, maka si pencari akan kembali menjadi sipencari dipermainan berikutnya.

Utamanya dalam permainan ini, tempat pencari akan begitu dijauhi oleh beberapa pemain, karena pekerjaannya yang tidak gampang. Oleh karena itu, waktu lakukan suit pertama, anda mesti berupaya supaya tidak kalah. Kalaupun tidak, jadi bersiap-siaplah untuk peluang anda selalu jadi si pencari di putaran setelah itu.

Asal Usul Permainan Hide and Seek

Seorang penulis Yunani pada abad ke-2, yang bernama Julius Pollux. Dalam bahasa Yunani modern, petak umpet dikenal dengan Kryfto. Beberapa orang juga mengatakan kalau game tersebut sama dengan permainan apodidraskinda.

Sebagian orang yakin jika game ini sudah banyak diketemukan didalam tulisan-tulisan shakespeare, di mana di dalamnya ada rujukan untuk permainan petak umpet anak-anak.

Walau asal mula permainan ini masih tetap simpang siur, akan tetapi yang tentu, s/d sekarang ini game itu masih ada atau eksis serta masih tetap dimainkan oleh sebagian orang, terutamanya oleh anak-anak, walaupun memang anak-anak zaman now sudah terpengaruh oleh gadget dan game-game online yang artinya angka untuk anak-anak yang bermain permainan ini sudah menurun drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *