Tips Dan Trik Jitu Bermain Monster Hunter: World !

Game Online Indonesia – Kali ini kami ingin memberi Tips Dan Trik Bermain Monster Hunter World. Tapi sebelumnya Game Online Indonesia ingin menjelaskan sedikit tentang game ini.

Monter Hunter World adalah game RPG dengan dunia terbuka atau yang biasa disebut ‘Open World’ dengan pendangan orang ketiga atau third-person, game ini di kembangkan dan di terbitkan oleh Capcom. Sebuah seri dari Monster Hunter, game ini dirilis pada Januari lalu untuk PS4 dan Xbox One, dan dijadwalkan untuk dirilis pada PC bulan ini. Sama seperti game sebelumnya pada seri, pemain mengambil peran sebagai seorang pemburu yang berkelana ke ‘dunia baru’, sebuah tempat yang belum dihuni da dipenuhi dengan monster, untuk bergabung dengan Research Commission yang mempelajari tempatnya dari basis pusat di Astera.

Research Commission memberi tugas untuk para hunter untuk memburu dengan cara membunuh atau menangkap monster besar yang berkeliaran diluar Astera untuk menjaga Commission dan juga mempelajari monster-monster disana. Itu dia sedikit penjelasan untuk Monster Hunter World.

Sekarang kita langsung saja masuk ke Tips Dan Trik Bermain Monster Hunter World.

Tips Dan Trik Bermain Monster Hunter World

Monster Hunter World adalah action RPG yang rumit, terdapat banyak sistem juga pada monster-monsternya, apalagi ada 30 jenis monster besar disini, jadi pasti ada banyak hal untuk dipelajari. Kalian harus mulai di suatu tempat, dan karena kalian sudah disini, kalian harus mulai dari dasar-dasar penting dari Monster Hunter World.

Apa sih yang kalian lakukan di game ini ?

Seperti penjelasan singkat sebelumnya, atau mungkin kalian sudah bisa menebak dari judulnya, yang kalian lakukan HANYA memburu monster besar dan tidak ada yang lain lagi. Tapi kurang lebih semuanya adalah Boss Fight, setiap waktu. Perputaran gamenya adalah seperti ini: Membunuh monster, mengambil materialnya, dan menggunakan material itu untuk membuat gear yang baru, lalu membunuh monster yang lebih besar dan kuat. Atau kalian bisa mmebunuh monster yang sama, tapi lebih cepat karena gear kalian yang sudah menjadi lebih kuat. seperti yang disebutkan sebelumnya, kalian juga bisa menangkapnya untuk bisa mendapatkan material lebih banyak dari mereka.

Diluar itu, Monster Hunter World adalah tentang menetapkan tujuan kalian sendiri. Membuat armor set yang lebih keren, lebih kuat, membunuh monster lebih cepat daripada sebelumnya, kalian bisa melakukan apapun, asalkan berhubungan dengan memburu monster.

Bagaimana caranya memburu monster ?

Pukei Hunting

Terdapat tiga tipe misi, yaitu; Quests, Investigations dan Expeditions. Kita akan mulai dengan yang paling penting terlebih dahulu yaitu Quests.

Tingkat untuk Quests tergantung dari kesulitannya dan dipagi menjadi 2 group, yaitu Assigned dan Optional. Assigned Quests bisa dibilang adalah story mission. Cerita dari Monter Hunter World pada dasarnya adalah alasan untuk memburu monster, walaupun ada banyak karakter yang keren dan rasanya sangat menarik untuk melihat dunia melebar selagi kalian berpetualang. Dengan menyelesaikan Assigned Quests, kalian akan bisa membuka area baru, karakter, keperluan dan yang paling penting adalah monster baru. Kalian juga akan meningkatkan Hunter Rank kalian, yang akan membuka Quests baru termasuk yang Optional.

Optional Quests sa,a pentingnya dengan yang Assigned Quests karena Quests ini bisa membuka upgrade untuk item kalian dan Astera, Basis utama dari game. Beberapa dari Optional Quests bisa munvul secara otomatis, dan beberapa hanya bisa didapatkan dengan berbicara para NPC (Non-Player Character) yang bisa kalian temukan di Astera dan diseluruh ‘dunia’. Jadi, kalian harus selalu cek map untuk mendapatkan Optional Quests baru saat kalian menjelajahi area baru atau kembali ke Astera. Kalian melakukan hal yang sama pada Optional Quests seperti saat kalian melakukan Assigned Quests, yaitu dengan membaca papan Quests atau bicara dengan yang memberinya. Optional Quests juga ada DLC nya dan event terbatasnya.

Sekarang kita pindah ke Investigations atau investigasi yang akan kalian dapatkan juga selagi kalian memburu monster. Seperti Quests, Investigations memberi kalian target monster untuk kalian buru. Tapi yang berbeda dari Quests adalah Investigations memberi kalian syarat seperti percobaan terbatas yang artinya ada batasan untuk kalian mengulang misinya kalau gagal. Kalian juga akan mendapatkan hadiah bonus dilihat dari medal bronze, silver atau emas. Hadiah bonus inilah yang membuat Investigations menjadi sumber material monster, terutama yang kangka seperti plates dan gems. Untuk memulai investigasi, pertama kalian harus daftar di pusat penelitian di Astera.

Dan yang terakhir adalah Expeditions atau ekspedisi. Kalian bisa memulai ekspedisi dengan menjelajahi area tanpa melakukan Quests atau Investigations. Ini memungkinkan kalian untuk berkesplorasi sepuas dan sesuka hati kalian, memburu monster apapun yang kalian temui dan mengumpulkan material sebanyak mungkin. Dan kalian harus mengumpulkan semua yang kalian lihat karena semuanya berguna, dan tidak akan lama juga untuk mengambil madu atau herbs (rempah) saat kalian lewat. Expeditions memang tidak ada batas waktu, tapi kalian tidak akan mendapatkan hadiah bonus saat kembali di Astera. Inilah yang membuar Expeditions ideal untuk mengumpulkan material dan bereksplorasi, mecoba senjata baru atau memburu monster secara acak.

Astera yang dari tadi disebutkan sebenarnya apa si ?

Seperti yang sebelumnya disebutkan di atas, Astera adalah basis utama kalian di Monster Hunter World dan merupakan tempat dimana kalian save game kalian. Nope… Monster Hunter World tidak punya sistem auto-save jadi kalian harus menghabiskan banyak waktu disana. Disini juga terdapat banyak fasilitas yang bisa kalian kunjungi, seperti :

  • Kantin – Tempat yang harus kalian kunjungi sebelum setiap memburu untuk mendapatkan makanan dan food buff.
  • Merchants – Yang menjual barang penting seperti potion dan juga materual dasar.
  • Smith – Dimana kalian membuat armor dan senjata baru.
  • Botanical research garden – Dimana kalian bisa menggunakan ramuan tiruan pasif dan bahan lainnya saat kalian memburu.
  • Pusat penelitian – Tempat dimana kalian mengatur investigasi dan mengambil quests sampingan (selalu ambil quest sampingan ini!! karena bisa diselesaikan sendirinya selagi kalian memburu, ini juga adalah sumber material yang bagus!)
  • Pusat berkumpul – Tempat yang berfungsi sebagai multiplayer. Kalau kalian ingin bermain bersama teman kalian, kalian juga akan menghabiskan banyak waktu disini.
  • Ruangan privasi – Dimana kalian memodifikasi penampilan kalian.
  • Dan tempat latihan – Dimana kalian bisa mencoba senjata yang berbeda.

Nomongin senjata, ada apa aja si jenis-jenisnya ?

Ada banyak jenis senjata disini, yaitu ada 14 secara total. 11 senjata melee dan 3 senjata range, setiap senjata mempunyai keunikannya tersendiri dengan gaya serang yang berbeda. Lihat daftar lengkapnya :

Senjata apa yang terbaik untuk pemula ?

Seperti yang kalian bayangkan atau bahkan pernah mengalaminya, saat bermain game baru, pasti sulit untuk memilih senjata yang tepat. Perlu diingat bahwa tidak ada yang namanya salah pilih. Semua senjata disini sangatlah kuat dan seru. Kalau kami sarankan, kalian perlu mencoba semuanya satu persatu, tapi untuk mempermudahnya, Game Online Indonesia akan merekomendasikan senjata yang beginner-friendly.

Sword and Shield

Kenapa ? karena senjata ini cepat dan seimbang yang bagus dan cocok untuk pemula maupun pro. Gunakan senjata untuk kombo dan gunakan shield nya untuk memukul monster atau menahan serangan dari mereka. Sword and Shield adalah satu-satunya senjata yang memungkinkan kalian menggunakan potion pada saat menggunakan senjatanya.

Dual Blades

Senjata tercepat di Monster Hunter World. Dual Blades memungkinkan kalian untuk menyerang dengan sangat cepat ditambah lagi dengan ‘demon mode’, sebuah situasi dimana kalian bisa bergerak leboh cepat lagi dengan stamina tertentu. Dual Blades sangat cocok untuk mereka yang suka dengan namanya tantangan.

Long Sword

Senjata paling panjang diantara senjata melee lainnya. Menyerang dengan serangan normal akan membangun spirit energy yang bisa kalian gunakan untul serangan energy yang kuat. Kalau kalian berhasil menyerang dengan full spirit combo, kalian bisa meningkatkan spirit gauge dan meningkatkan serangan kalian. Long Sword juga punya tangkisan yang bernama ‘Foresight Slash’ yang bisa menghilangankan semua damage dari serangan monster kalau kalian memakainya dengan tepat waktu.

Bow

Kalau kalian ingin senjata range, Bow adalah senjata yang bagus untuk memulainya. Bow adalah senjata dengan jarak sedang dengan pengendalian yang lebih simpel daripada Light Bow dan Heavy Bow, dan lebih mempersingkat pengaturan ammo. Pada dasarnya, kalian menggunakan pelapis panah untuk memperkuat tembakan kalian. Tidak hanya tembak, menghindar, lalu tembak lagi.

Terus, gimana cara buat senajatanya ?

Kalian membuat senajat dengan satu langkah saja, tapi untuk meningkatkannya, kalian harus upgrade secara bertahap. Dengan kata lain, contohnya kalian ingin membuat Long Sword lvl 3, makan kalian harus mulai dengan membuat Long Sword lvl 1 lalu upgrade ke lvl 2, begitupun seterusnya. Untungnya semua upgrade path sudah tersedia di Smith, dan kalian bahkan bisa downgrade untuk mengembalikan material kalau kalian ganti pikiran.

Bagaimana kalau soal armor ?

Tidak ada yang namanya skill tree di Monster Hunter World, kalian mendapatkan skill kalian dari armor yang kalian pakai. Kalian bisa membuat armor di tempat yang sama kalian membuat senjata, yaitu Smith.

Setiap jenis amor membutuhkan material yang berbeda. Saat kalian memburu dan mengalahkan monster, kalian akan membuka armor set dari monster itu jadi kalian bisa lihat material apa saja yang kalian butuhkan untuk membuat semuanya. Dan kalau kalian memang ingin membuat semuanya, maka kalian harus memburu monster itu beberapa kali. Kami merekomendasikan membuat wishlist pada senjata dan armor yang ingin kalian buat terlebih dahulu. Ini akan secara otomatis melacak material yang sudah kalian kumpulkan dan apa yang kalian butuhkan.

Dengan menggunakan full set armor monster akan memberi kalian skill-skill kemampuan yang dimiliki oleh monster tersebut, tapi kalian bisa membuatnya lebih kuat dengan cara menggabungkannya dan mencocokannya. Nanti, kalian juga bisa membuka socket pada armor untuk menambahkan skill baru atau meningkatkan skill yang ada. Kalian juga bisa meningkatkan armor defense kalian dengan armor spehere yang bisa kalian dapatkan dari quests sampingan yang tadi disebutkan sebelumnya.

Okay, tapi armor apa yang terbaik untuk pemula ?

Karena tidak ada yang namanya senjata terbaik dan armor set yang ‘benar’. Semuanya bergantung pada senjata kalian, apa yang kalian lawan, dan cara bermain kalian. Ditambah saat kalian menyelesaikan campaign awal dari Monster Hunter World, kalian akan meluncur dari peringkat rendah ke peringkat tinggi, dan membuka puluhan armor tingkat tinggi. Dalam kata lain, ada banyak kombinasi armor yang bisa diterapkan. Karena itu, ini dia beberapa tips saat kalian baru mulai:

  • Skill pada set King Beetele memungkinkan kalian untuk mengumpulkan lebih cepat dan akan menghemat banyak waktu kalian.
  • armor set Rathalos adalah salah satu yang terbaik untuk tingkat rendah, terutama helmet dan chest nya.
  • Buat helmet dan chest Bone secepatnya karena akan memberi kalian sedikit bosst pada health dan attack kalian.
  • Skill Evade Expender pada lengan Kadachi memungkinkan kalian roll lebih jauh lagi.
  • Kaki Alloy dan Kulu menawarkan skill yang bagus, menambah critical hit dan menajamkan senjata lebih cepat.
  • Skill Handicraft pada kaki Hornetaur akan meningkatkan ketajaman senjata kalian.

Diluar dari itu, cari juga skill yang meningkatkan attck, defends dan health kalian. Kalian juga harus gunakan armor dengan defense tertinggi dan mengatur kecocokan elemental resistance pada serangan monster yang kalian lawan.

Membuat Mantle sangat berguna

Mantle adalah item yang mempunyai durasi terbatas dan cooldown yang lama. Kalian bisa membawa 2 mantle saat berburu dan menggunakannya kapanpun kalian mau. Mantle ada beberapa efek yang berguna, mulai dari stealth sampai menjaga kalian dari status negatif. beberapa mantel late-game meningkatkan attack dan defense kalian, dan bahkan membuat kalian kebal terhadap serangan. Kebanyakan Mantle bisa dibuka lewat Optional Quests. Kalian juga akan membuka booster yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti Mantle. Booster bisa memberi heal pada player yang masuk dalam jangkauan, sangat berguna saat kalian bermain multiplayer.

Beberapa hal lain yang perlu kalian ketahui

  • – Nomer berwarna oranye, artinya kalian mengenai titik lemah lawan yang artinya bagus.
    – Nomer berwarna putih, artinya damage normal.
    – Nomer berwarna abu-abu, artinya damage nya kurang atau lemah.
  • Kalau kalian kekurangan material dan tidak bisa mengidentifikasikan di Smith, artinya kalian harus mulai menjelajahi area baru. Dan kalau kalian sudah mencapai deadend atau jalan buntu, waktunya mengambil Assigned Quests.
  • Kalian bisa membaca kelemahan-kelemahan monster dan material yang bisa kalian dapatkan dari mereka di Hunter’s Notes kalian. Pastikan untuk cek di pusat penelitian ekologi di Astera untuk meng-update note kalian.
  • Kalau keadaan menjadi kacau, kalian bisa menembakkan suar SOS saat beburu untuk memanggil teman multiplayer. Atau kalian bisa bergabung dengan teman atau player lain sebelum memulai berburu.

Itu adalah Tips Dan Trik Bermain Monster Hunter World yang bisa kami berikan sama kalian, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian memperluas wawasan tentang game ini. Game Online Indonesia akan memasukkan lebih banyak Tips Dan Trik Bermain Monster Hunter World kedepannya.

Jangan sampe kelewatan, baca juga :

PC, PS4, Xbox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik Disini!
Subscribe Reddit !
Follow Google
Follow Tumblr !
Follow Pinterest !
Like Dan Follow !

Enjoy ? Bagikan Blog Ini :)