Cyberpunk 2077: Tanggal Rilis, Karakter, Setting, Dan Semua Yang Kami Ketahui

Game Online Indonesia – Cyberpunk 2077 sudah pernah diumumkan pada tahun 2012 yang lalu, dan enam tahun terakhir cuplikan wawancara menggambarkan Cyberpunk 2077 sebagai game raksasa, bahkan lebih besar dari game yang dianggap sebagai game RPG terbaik sepanjang masa, yaitu The Witcher 3. Sekarang akhirnya kita bisa melihatnya, dan ini terlihat benar-benar menakjubkan

Selama E3 2018, diperlihatkan demo game Cyberpunk 2077 selama satu jam yang memperlihatkan berbagai sistem Cyberpunk, perkembangan karakter, dan pertempuran. Demo yang sama ditampilkan di Gamescom, dan baru-baru ini, akhirnya diresmikan untuk publik. Inilah yang Game Online Indonesia pelajari, ditambah semua yang kami ketahui tentang Cyberpunk 2077.

Video gameplay demo Cyberpunk 2077

Ini dia guys, yang sudah kita semua tunggu-tunggu: video 51 menit dari gameplay Cyberpunk 2077, dengan beberapa VO (voice over) yang menjelaskan apa yang sedang terjadi. Di bawah ini, kalian bisa melihat apa saja yang kami pelajari dari melihat versi yang sedikit berbeda dari demo ini di E3 lalu, serta detail lainnya dari wawancara dan berita dari beberapa tahun terakhir.

Trailer Cyberpunk 2077 di E3

Tanggal rilis Cyberpunk 2077

Untuk tanggal rilis, CD Projekt hanya mengatakan ‘saat sudah siap’, tapi kami tahu bahwa rencananya akan merilis Cyberpunk 2077 antara tahun 2017 sampai 2021, bersama dengan RPG lain yang masih belum diumumkan. tapi kalau kami tebak, Cyberpunk 2077 akan dirilis tahun 2019.

Hal ini didukung oleh komentar dari konferensi hasil keuangan Maret 2017 pada saat developer CD Projekt mengatakan bahwa kemajuan di Cyberpunk adalah ‘cukup maju’. Artinya, ‘saat siap’ yang dikatakan oleh CD Projekt itu serius. Kita mungkin harus menunggu pada tahun 2020, atau bahkan 2021.

Apakah Cyberpunk 2077 adalah game FPS ?

cyberpunk 2077

yupp, Cyberpunk 2077 adalah sebuah game FPS. Walaupun cutscene dan saat mengemudi kadang-kadang berubah ke third-person, Cyberpunk 2077 melibatkan banyak tembak menembak dengan senjata. Sangat banyak. Ini lebih seru tapi kurang agresif daripada, katakanlah, Doom. Selama baku tembak di pada saat pembukaan demo, V, yang merupakan karakter utama, menyeludupi tempat persembuyian geng yang penjual organ dengan peluru dari pistol otomatisnya. Seperti pada Destiny 2, angka yang menunjukkan damage yang diberikan kepada lawan dari setiap tembakan, Kami juga suka betapa gesitnya V.

Walaupun seharusnya ada sedikit variasi dalam kemampuan yang dimiliki V, dalam demo ini dia adalah seorang cyberninja yang gesit dan lincah. Dia bisa berlari dan meluncur juga menggunakan mode slow motion. Dia juga memiliki dash yang memungkinkannya untuk pindah ke tempat yang dituju. saat slow motion dan dash ini digabungkan, dia bisa dengan cepat mengapit lawan dan memberikan serangan fatal.

Kami juga melihat banyak senjata keren, dan tidak semua senjata berbentuk pistol atau senapan.Shotgun yang sudah dimodifikasi bisa menembus tempat perlindungan dan lawan, yang merupakan kombo mematikan kalau digabungkan dengan implan optik V yang sudah ditingkatkan yang bisa menunjukkan lawan-lawannya melalui objek. Atau Smart Rifle yang bisa menembakkan peluru yang melacak musuh. Kalian tidak perlu mengarahkan dengan tetap dan senjata ini akan mengunci ke beberapa target dan menembakkan peluru yang secara otomatis melacak target yang dimaksudkan.

Dan semenjak game ini adlah RPG open-world yang dikembangkan oleh CD Projekt RED, pasti ada eksplorasi, dialog, skill, dll, ditambah dengan FPS.

Karakter Cyberpunk 2077

Selama demo, bisa dilihat bahwa kita bisa membuat karakter kita sendiri, yang dimulai dengan memilih gender atau jenis kelamin. Dari situ, kita bisa menyesuaikan rambut, tato, dan baju.

Kalian juga bisa mengganti statistik. Ada dasar-dasar seperti kekuatan dan kecerdasan, tapi juga ada statitsik yang keren dan unik yang memungkinkan kita untuk menangani tingkat stress. Daftar lengkap yang terlihat pada saat demo antara lain: trength, Constitution, Intelligence, Reflexes, Tech, Cool.

Kita juga bisa mengubah latar belakang karakter, yang akan mempengaruhi bagaimana karakter memandang kita dan bisa membuka pilihan dan momen cerita yang baru. Keren banget ya guys, sampe detail banget.

Tapi walaupun kalian bisa menyesuaikan atau mofisikasi karakter, kita tidak bisa mengubah namanya, nama kita akan tetap V. Bukan ‘Vee’. Tapi hanya V. V adalah sorang tentara bayaran, dan itulah yang sejauh ini kami ketahui tentang karakter.

Akankah ada hubungan romantis ?

Seperti pada The Witcher 3, Cyberpunk 2077 juga mempunyai alur cinta. Karena Cyberpunk bisa membuat karakter, pilihan cinta disini akan lebih berbeda dari seri The Withcer.

perncang quest Patrick Mills mengatakan dalam sebuah interview dengan Game Informer :

“Ada lebih banyak pilihan. Kalian mendefinisikan karakter kalian sendiri disini, yang artinya mendefinisikan seks karakter bagaimanapun kalian mau. Dengan Geralt, kalian punya karakter yang seksualitasnya sangat ditentukan dengan baik oleh novel dan cerita pendek dan game-game sebelumnya. Tapi disini, semuanya ada di tangan player. Kita ada NPC yang gay, kita ada NPC yang bisexual (lesbi), kita juga ada NPC yang normal, karena kita ingin mereka merasa nyata dan mereka mempunyai preferensi juga.”

Apakah Cyberpunk 2077 akan sebagus The Witcher 3 ?

Cyberpunk 2077 vs The Withcer

Pastinya, atau bahkan mungkin lebih bagus lagi. Cyberpunk 2077 bukan game buat anak kecil. Di menit-menit pertama, V membebaskan seorang wanita yang diculik oleh geng pencuri organ. Dia ditemukan telanjang di bak mandi, dan game tidak bergeming dari adegan itu. Di dalam demo, dengan karakter V yang perempuan, pada saat cutscene yang memperlihatkan rutin paginya yang mengenakan baju yang cukup minim. Juga ada banyak kata-kata yang kasar, dan lelucon dewasa dll. Cyberpunk 2077 sepertinya ingin benar-benar ingin menggunakan ‘punk’ seperti pada judul gamenya.

Bagaimana cara kerja dialognya ?

Banyak dalam game RPG, pada bagian dialog biasanya game dibuat berhenti sebentar atau pause selagi kedua karakter berbincang. Ini bukan cara terbaik untuk menyampaikan cerita, dan untungnya Cyberpunk 2077 telah melakukan peningkatan yang besar pada bagian dialog ini. Selagi kami tidak yakin 100%, semua dialog muncul secara real-time. Kalian bisa lanjut bergerak dan melihat sekitar, tapi saat kalian fokuskan kembali kamera pada karakter yang kalian ajak bicara, pilihan dialog akan muncul pada layar. Biasanya ada tiga atau emapt pilihan setiap saat, yang menunj8ukan bahwa sistem ini tidak akan sekuat pada beberapa RPG lainnya.

Kalau kami tidak masalah dengan itu, karena sistem baru ini dan pandangan orang pertama atau FPS yang telah membuat perubahan yang benar-benar besar. Saat V dan rekannya Jackie datang ke tempat persembunyian geng Maelstrom dengan maksud untuk membeli gear yang sangat kuat, kesepakatan itu hampir tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Ditengah dialog, karakter-karakter termasuk V memulai mengeluarkan senjata dan mengarahkannya ke satu sama-lain. Sementara itu, permintaan dialog terus muncul yang memungkinkan kalian untuk mengendalikan situasi, apakah kalain ingin main aman atau mulai perang ? Dalam situasi ini dalam demo, akhirnya player bisa mengurangi tekanan dengan memperlihatkan pada lawan bahwa V mempunyai uangnya dan tidak mencari masalah.

Dalam adegan sebelumnya, V ditangkap oleh agen perusahaan. Karakter-karakter yang mematikan ini mencari informasi, dan salah mengira bahwa V adalah orang yang mereka cari. Mereka memasang detektor kebohongan pada cyberwarenya dan mulai interogasi. Kalau berbohong, mereka akan langsung mengetahuinya dan akan ada konsekuensinya. Sistem baru ini terasa begitu alamo. Tidak ada lagi p[erbedaan dalam memasuki dan keluar dalam perbincangan dengan sesorang. Semuanya mengalir secara bersmaa.

Kemampuan apa saja yang bisa dibuka ?

Cyberware mangacu pada penambahan yang mempunyai semua jenis penggunaan. Pada saat demo, player memilih Kiroshi Optical Implant yang memungkinkan player untuk memperbesar objek dan juga menganalisis lingkungan sekitar, melihat level lawan dan mengambil informasi yang detail dari mereka. Player juga mengambil Subdernal Grip untuk senjata, yang bisa menambah damage.

Implan disini juga sangat keren, tapi anehnya mereka tidak mempunyai kelemahan di dunia game. Menekankan sisi bahaya dari cyberware dengan penyakit mental seperti cyberpsikosis. Tapi di Cyberpubk 2077 sepertinya tidak ada Emphaty.

Cyberpunk 2077

Kemudian player mendapat akses ke beberapa gear yang lebih mantap. Satu bagian dari cyberware memungkinkan V memantulkan peluru di tikungan untuk membunuh lawan di balik cover. Ini disertai dengan elemen UI (user interface) yang menunjukkan kepada kalian jalur peluru yang dituju, sehingga kalian bisa menyejajarkan bidikan dengan sempurna. Bisa juga dilihat senjata yang mirip dengan tangan belalang seperti gambar di atas ini, yang bisa digunakan untuk menghancurkan lawan. Upgrade lainnya memungkinkan V wallrun atau berlari di tembok, gunakan slow motion, double jump, dan dash. Bahkan ada robot yang bisa kalian kendalikan dari jarak jauh, seperti spiderbot yang bisa memanjat dinding dan langit-langit. Player tidak sempat melihatnya pada saat aksi, tapii sesudah player memperoleh robot itu, robot ini mengikuti V melalui berbagai momen yang secara otomatis mempertahankan diri selama pertempuran.

Di satu titik, V menyelinap pada musuh dan mencekiknya. Dari sana, dia bisa meretas atau hack cyberware dari orang itu dan mengakses data tentang orang itu. Kalau lawan terhubung melalui network, opsi baru pun akan terbuka. Dalam hal ini, V bisa hack senjata lawan untuk membuatnya berhenti bekerja tanpa mereka mengetahuinya. V membunuh orang ya ia cekik dan lalu menyerang 2 orang lainnya. Selagi dia membunuh yang satunya, yang satunya lagi mencoba untuk menembak V dan menyadari bahwa senjatanya sudah di hack. Kebingungannya membuat peluang untuk V menghabisinya.

Kami juga mendengar bahwa Ripperdocs akan memungkinkan kita untuk menggunakan baju tempur berteknologi militer. Saat ini, kita cuman bisa membayangkan seberapa keren barang itu.

Bisakah berkendara di Cyberpunk 2077 ?

Cyberpunk 2077

Tentu saja. Cyberpunk 2077 mengambil tempat di Night City, sebuah kota metropolis di California bagian utara. Kota ini super besar, dengan enam distrik dan tidak ada loading diantaranya. Untuk membantu kalian melihat-lihat, ada kendaraan yang bisa kalian pakai baik di first-person ataupun di third-person. Tapi kami tidak yakin apakah ada kedalaman simulasi seperti pada GTA V. Tapi sejauh ini terlihat mengesankan dan alus.

Pada satu adegan, V diserang oleh sebuah truk yang dipenuhi dengan geng pencuri organ. Selagi rekannya Jackie mengemudikan, V menembak balik geng itu. Ini adalah momen yang keren selagi kita terbang di Night City dalam kecepatan tinggi. CD Projekt RED mengatakan akan ada banyak kendaraan yang berbeda, tapi kami tidak tahu apakah kita bisa mengendalikan mobil terbang seperti yang dimiliki oleh karakter-karakter disini.

Seberapa interaktif lingungannya ?

Didalam dan diluar pertarungan, ada banyak cara yang bisa kita lakukan di sekitar. Contohnya, iklan produk bisa kalian pegang, yang lalu memberi kalian market yang muncul di HUD (head-up display) kalian dimana kalian bisa membeli item. Seperti membeli soda dari vending machine yang akan heal atau menyembuhkan kalian.

Seperti apa sih Night city ?

Night City

Terima kasih karena dengan teknologi crowd yang keren, Night city Cyberpunk 2077 terasa hidup dan ramai. Sangat menakjubkan melihat V berjalan di jalanan dengan keramaian dan melihat ratusan karakter yang ikut berjalan, bermain, berbincang dan berkelahi. Tapi tidak jelas seberapa dinamis dunia ini.

Apa yang kami benar-benar suka adalah seberapa dalam karakter dan motivasi mereka. Dunia ini benar-benar dipernuhi dengan kultur. Pada saat di demo, Player di rekrut oleh ‘fixer’ bernama Dex untuk mencari bagian dari teknologi canggih sebagai cara untuk membuktikan bahwa V adalah freelancer yang layak untuk disewa. Misi itu menempatkan player dalam pandangan agen perusahaan didalam mode full damage control yang mencoba merebut kembali pengiriman teknologi militer curian. Ini adalah keputusan opsional, tapi player memutuskan untuk membuat kesepakatan dengannya dan membantunya untuk mengambil kembali item dan dikuar dengan satu item yang dibutuhkan oleh Dex.

Di demo, player pergi ke sebuah tempat persembunyian geng dan memutuskan untuk terlihat tenang, menawarkan untuk membeli gear daripada mengambilnya secara paksa. Situasinya hampir menjadi buruk, tapi player berhasil untuk meyakinkan pemimpin mereka dan dia memberikan itemnya. Pada saat ia menghubungkan chip (yang merupakan mata uang disini) pada komputernya, lalu menyadari terdapat virus yang dibuat oleh agen perusahaan. Ceritanya sangat menarik tapi juga membingungkan dan membuat penasaran siapa sebenarnya yang menjadi lawan, tapi juga artinya Cyberpunk 2077 terasa disempurnakan dan dilapisi dengan cara yang beberapa RPG lain pernah capai, setidaknya berdasarkan apa yang kami lihat sejauh ini.

Akankan Cyberpunk 2077 ada multiplayer ?

Pada saat E3, Cyberpunk 2077 mengatakan tidak akan ada multiplayer, tapi mungkin kedepannya akan dimasukkan setelah rilis.

Kami pertama dengar soal fitus multiplayer pada tahun 2013 lalu, tapi CD Projekt RED jelas mengetahui bahwa kata itu bisa mengganggu para fans. “ini akan menjadi pengalaman RPG berbasis cerita dengan single-player yang menakjubkan”, dikatakan oleh direktur oengelola Adam Badowski saat pembicaraan 2013 dengan Eurogamer, “tapi kami akan menambahkan mode multiplayer.”

Tahun lalu, CD Projekt RED Adam Kiciński mengatakan bahwa fitur multiplayer akan memastikan ‘sukses jangka panjang’ dari Cyberpunk, yang menyebabkan beberapa kekhawatiran mengingat keributan saat ini atas microstransactions, terutama dengan sistem progresi loot boc Star Wars Battlefront 2 yang berjalan dengan sangat buruk.

CD Projekt RED resnpin pada kecemasan ini dengan sebuah tweet yang diartikan untuk memastikan fans bahwa mereka akan tetap mendapatkan pengalaman single-player yang epic seperti pada The Witcher 3. CD Projekt mengatakan “jangan khawatir, saat memikirkan CP2077, pikirkan juga seperti TW3 – single player yang sangat besar, dunia terbuka, RPG berbasis cerita. tidak ada tangkapan yang tersembunyi, kalian akan mendapatkan apa yang kalian bayar – tidak ada omong kosong, hanya gaming yang jujur seperti Wild Hunt, Kami meninggalkan keserakahan kepada orang lain.”

Kalau kalian ingin melihat lebih banyak informasi tentang Night City, kalian bisa kunjungi Theverge.

kalian juga bisa kunjungi situs resmi Cyberpunk-2077 untuk melihat detail lainnya.

Jadi itulah apa yang kami tahu sejauh ini tentang Cyberpunk 2077, tapi Game Online Indonesia akan update kembali kalau ada pengumuman yang baru lagi. Semoga sejauh ini bisa memberi kalian gambaran tentang game penerus The Withcer ini.

PC, PS4, Xbox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik Disini!
Subscribe Reddit !
Follow Google
Follow Tumblr !
Follow Pinterest !
Like Dan Follow !

Enjoy ? Bagikan Blog Ini :)