Sejarah Tetris Dan Alasan Orang Menyukai Tetris

Game Online Indonesia – Siapa yang tidak kenal dengan Permainan Tetris, permainan yang amat menarik dan populer di seluruh dunia. Sejak zaman jadul hingga permainan ini muncul di smartphone, Tetris masih ada dan banyak dimainkan. Nah kali ini GOI akan membagikan Sejarah Tetris Dan Alasan Orang Menyukai Tetris

Pada pertengahan tahun 1980-an, seorang pria bernama Alexey Pajitnov, seorang programmer di Soviet Academy of Science, menciptakan sesuatu yang akan menyebar jauh melampaui batasan leb Sovietnya. Alexey, yang sering menggunakan game sebagai cara menguji peralatan, sedang melakukan pengujian pada komputer Electronica 60, sebuah mesi antik yang telah digunakan oleh departemen pertahanan negaranya. Kali ini, dia menggunakan puzzle batu bata yang berjatuhan sebagai pengujian.

Dari sana, semuanya terjadi dengan cepat. Tahun 1985, game yang sama di pindahkan ke IBM PC, mendapatkan popularitas dengan pengguna di sekitar Soviet Union dan lalu menyebar keluar Soviet dan berakhir di Customer Electronic Show di Las Vegas, Amerika Serikat, dimana mendapatkan perhatian dari desainer software. Si desainer langsung terbang ke Moscow, mengamankan hak milik dan melisensikannya ke Nintendo. Sampai hari ini, kreasi ini menyebar ke seluruh dunia dan menjadi salah satu game terpopuler sepanjang masa dengan nama Tetris.

Alexey yang sekarang tinggal di Washington mengatakan “Tetris memenuhi kebutuhan yang simpel, kita semua mempunyai keinginan alami untuk membuat peraturan dari kekacauan. Tetris memuaskan keinginan itu dengan level sangat bacis.”

Dia memang tidak salah, tapi kepuasan itu juga berakar dari kenyataan yang tidak memuaskan, yaoitu bermain Tetris adalah melakukan sesuatu yang tidak ada habisnya, game ini “sangat simpel untuk dipelajari, tapi sangat sulit untuk di kuasai” kata Alexey, tapi itu kurang benar, karena game ini tidak mungkin untuk kuasai. Jadi apa yang membuat kita menyusun Tetrominoes (sebutan untuk balok-nya) saat kita tahu bahwa semua usaha kita sia-sia ? Seperti penulis Adam Alter menjelaskan dalam bukunya, Irresistible: The Rise of Addictive Technology and the Business of Keeping Us Hooked, kesia-siaan itu sebenarnya adalah adalah kunci mengapa permainan ini begitu menarik. Dia mengatakan “Kesulitan sebuah tantangan jauh lebih memikat daripada mengetahui bahwa kalian akan berhasil, permainan ini memungkinkan kalian untuk merasakan sensasi yang singkat saat melihat garis-garis yang kalian lengkapi nberkedip sebelum menghilang, hanya menyisakan kesalahan kalian.”

Tetris merupakan suatu permainan simpel. Membuat balok, walau terkadang sebal karena balok lurus itu tidak kunjung muncul, nyatanya dapat membuat Anda enjoy serta terbuai. Tidak sesulit game mobil balap maupun perang-perangan. Bisa dibilang, Tetris mempunyai masa dimana ia menghipnotis semua dunia. Saking menariknya sampai jurnalis tehnologi serta Ackerman lakukan penelitian mendalam serta membukukannya dengan judul ‘The Tetris Effect : The game that hypnotized the world’.

Tujuannya sudah sangat jelas, kalian mneyusun balok-balok yang berjatuhan serta menempatkannya untuk memenuhi ruang. Seiring berjalannya waktu, kalian akan naik level yang artinya balok akan berjatuhan lebih cepat. Artinya game ini tentang jalinan dalam suatu ruang. Buat sebagian orang, game ini seperti menghipnotis.

Pada tahun 1994 permainan ini terbit dalam sebuah buku berjudul “This is Your Brain on Tetris” menurut artikel di majalah Wired oleh Jeffrey Goldsmith. Ia tunjukkan seperti apakah otak kita saat tengah bermain Tetris.

Itulah Sejarah Tetris Dan Alasan Orang Menyukai Tetris dari GOI, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian.

Baca Juga

Entertainment, Nintendo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik Disini!
Subscribe Reddit !
Follow Google
Follow Tumblr !
Follow Pinterest !
Like Dan Follow !

Enjoy ? Bagikan Blog Ini :)